Arti sebuah sunset

by - 07.22


Matahari terbenam atau swastamita adalah waktu di mana matahari menghilang di bawah garis cakrawala di sebelah barat. Warna merah di langit pada waktu Matahari terbenam dan terbit disebabkan oleh kombinasi penyebaran Rayleigh warna biru dan tingkat kepadatan atmosfer bumi.

FILOSOFI SUNSET

Filosofi Hidup: Fenomena Terbit dan Tenggelamnya Matahari (Sunset and Sunrise), Sebuah Harapan Yang Pasti Kembali Dalam Sebuah Penantian dengan Rasa Syukur Tak Terhingga


” May every sunrise hold more promise and hope,

May every sunset hold more peace and grateful”


Matahari merupakan sumber energi utama dijagad raya yang dibutuhkan oleh semua mahluk hidup. Tanpa matahari, sistem tata surya tidak akan sempurna. Tentunya Sang Khalik sudah merancang jagat raya ini begitu sempurna dengan berbagai elemen penting di dalamnya. Gaya gravitasi yang dimiliki oleh matahari membuat planet-planet dalam tata surya mengellilinginya yang disebut revolusi dan planet itu sendiri berputar pada porosnya yang disebut rotasi. Fenomena rotasi pada planet bumi menyebabkan terjadinya siang dan malam. Waktu siang diawali dengan terbitnya matahari (Sunrise) dan waktu malam diawali dengan tenggelamnya matahari (Sunset).
Fenomena sunset dan sunrise merupakan hal yang syarat akan makna kehidupan di dunia fana ini. Ketika sunrise terjadi, maka disitulah awal kehidupan di hari yang baru dengan segala harapan dan perjuangan mengarungi berbagai tantangan hidup. Optimisme dan semangat melangkah di pagi hari dengan matahari yang baru saja terbit walaupun mungkin saja di hari kemarin terasa berat menjalani hidup tanpa harapan. Ketika sunset terjadi, maka disitulah akhir dari perjaungan hidup kita satu hari penuh dari awal matahari terbit yang patut kita syukuri. Momen sunset menjadi sebuah refleksi diri untuk tetap memberikan waktu pada tubuh beristirahat sejenak. Walaupun tentunya dalam satu hari itu masih ada harapan yang tak tergapai, tapi yakinlah bahwa saat sunset tiba, maka moment itu menjadi awal perenungan diri dalam berpikir untuk evaluasi, menata dan merancang harapan baru untuk sunrise diesok hari. 
Bersama matahari terbit terpanjat doa diwaktu subuh tentang semua harapan dalam menggapai mimpi dan bersama matahari terbenam terpanjat doa diwaktu maghrib tentang rasa syukur atas kehidupan yang sudah dijalani di siang hari. (Musa Kim)

You May Also Like

0 komentar